Predikatnews.com

Cepat dan Akurat

Dinas Kominfo Tapteng Ikuti Giat Publikasi Aplikasi SIMANTIK

PANDAN, Predikatnews (Sumut) – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Tengah (Dinas Kominfo Tapteng) mengikuti kegiatan Publikasi Aplikasi Sistem Informasi Manggala Informatika (SIMANTIK) oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) secara virtual pada Senin (28/06/2021).

Usai kegiatan virtual itu, Plt Kepala Dinas Kominfo Tapteng Fadlan Satia Siregar, S.STP mengatakan kegiatan ini sebagai sarana untuk mengenalkan Jabatan Fungsional Manggala Informatika (JFMI) kepada Instansi Pemerintah melalui publikasi SIMANTIK. 

“SIMANTIK merupakan aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk memberikan informasi dan layanan mengenai tata cara penyusunan informasi Jabatan Fungsional Manggala Informatika (JFMI) yang dapat diakses pada website https://simantik.id,” kata Plt Kadis Kominfo Tapteng Fadlan Satia Siregar, S.STP.

“Jabatan JFMI ini didasari oleh Peraturan Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2019 tentang Pengusulan, Penetapan, Dan Pembinaan Jabatan Fungsional dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 6 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Manggala Informatika. Selain itu, juga telah terbit Surat Edaran Kepala BSSN Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengangkatan PNS dalam Jabatan Fungsional Manggala Informatika (JFMI) melalui penyesuaian (Inpasing) dan Surat Menteri PANRB Nomor B/328/M.SM.01.00/2021 tentang Persetujuan Rancangan Peraturan BSSN tentang Pedoman Penyusunan Kebutuhan JF Manggala Informatika,” ungkap Plt Kadis Kominfo Tapteng Fadlan Satia Siregar, S.STP.

Fadlan menjelaskan bahwa Jabatan Fungsional Manggala maksudnya jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI).

“Kita akan koordinasikan lebih lanjut terkait JFMI ini kepada instansi terkait khususnya dalam penyediaan sumber daya manusianya. Selama ini baru ada yang ikuti Diklat Sandiman di Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Tapteng,” jelas Plt. Kadis Kominfo Tapteng Fadlan Satia Siregar, S.STP mengakhiri.

Loading