Predikatnews.com

Cepat dan Akurat

BUPATI PESISIR BARAT HADIRI UPACARA PENUTUPAN HUT PRAMUKA KE-62

PESISIR BARAT, Predikatnews – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Bupati Pesisir Barat (Pesibar), yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pesibar, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menghadiri upacara penutupan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-62, di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (31/8).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pesibar, Septi Istiqlal, Ketua Harian Kwarcab Pesibar, Drs. Jon Edwar, M.Pd., para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Pesibar, Forkopimda Pesibar-Lampung Barat (Lambar), dan camat se-Pesibar.

Sesuai dengan tema HUT Pramuka ke-62 “Kita Wujudkan Sumberdaya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaaan”.

Bupati, Agus Istiqlal berharap peringatan Hari Pramuka kali ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik dimasa depan.

“Pembentukan karakter yang tangguh bagi generasi muda merupakan hal yang amat penting dan bahkan menentukan nasib bangsa dan negara di masa depan. Kita juga telah sering mendengar perlunya generasi muda memiliki kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif serta mampu bekerja keras,” tutur Bupati saat menyampaikan sambutannya.

Meskipun Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, menurut Bupati, Gerakan Pramuka juga tetap aktif melaksanakan berbagai bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat. Kegiatan bakti yang dilakukan para Pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kepribadian yang beriman, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sikap tolong menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda, diharapkan dapat menumbuhkan sikap empati, berpengertian, bertoleransi, dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa, tanpa memandang perbedaan yang ada baik suku, agama, ras, maupun aspirasi politik,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, atas jasa-jasa, pengabdian, dan kerjasama para kakak peserta Gerakan Pramuka yang telah menerima penghargaan dan yang telah mengikuti kegiatan Tingkat Nasional membawa nama baik Pesibar.

“Semoga penghargaan yang telah diberikan dapat memacu untuk dapat lebih membantu Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuannya,” imbuhnya.

Bupati juga mengajak para kakak untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah, khusus nya pada para Majelis Pembimbing di semua tingkatan.

“Saya berharap agar dapat terus memberikan bimbingan, serta memberikan bantuan moril dan nateril untuk kemajuan Gerakan Pramuka Pesibar. Terlebih, Tahun 2024 Pesibar dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana Hari Pramuka ke-63 Tingkat Daerah Lampung,” pungkasnya.